Forum Stop TB

InsanNews Pinrang - Dalam rangka memperingati hari TBC Sedunia yang dikenal dengan nama TB Day 2019, forum stop TB Partnership Kabupaten Pinrang bekerjasama Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang menggelar sosialisasi dan Screening TB di Pondok Pesantren Darul Ulun Punnia Kecamatan Mattiro Bulu Kabupaten Pinrang, Selasa (26/3/2019).

Kegiatan tersebut dihadiri Kadis Kesehatan Pinrang drg. Dyah Puspita Dewi, M.Kes yang diwakili Sekretaris dr. Ramly Yunus, Sekretaris Forum Stop TB A. Samiluddin, S.Pd, M.Pd, Koordinator SSR TB Care Aisyiyah Hj. Nurhayati Haruna, SH, MH dan menghadirkan pemateri dr. Dermawan Ratang, M.Kes kepala Puskesmas Mattombong.

Dalam pemaparan materinya, Dermawan mengungkapkan jika penyakit TBC ini bisa menular kepada siapa saja tanpa mengenal usia. Penularannya melalui beberapa cara baik dengan batuk, maupun dalam kondisi sanitasi yang tidak sehat.

”Siapapun bisa terpapar penyakit TBC termasuk anak-anak, sehingga sejak dini perlu dilakukan sosialisasi bahaya penyakit yang sangat menular ini,” paparnya

Sementara Sekretaris Dinkes Pinrang Ramly Yunus mengapresiasi kegiatan yang digelar Forum Stop TB Partnership Kabupaten Pinrang ini sebagai kegiatan yang sangat bermamfaat. Dinkes Pinrang senantiasa mendukung kegiatan tersebut khususnya dalam memperingati hari TBC Sedunia.

Ketua SSR TB Care Aisyiyah Nurhayati Haruna menambahkan jika kegiatan sosialisasi dan Screening TB ini akan menyasar di lembaga pendidikan baik di Pesantren maupun pendidikan umum di tingkat SMP dan SMA/SMK serta di asrama Kodim.

”Kemarin telah kami lakukan Baksos berupa pemeriksaan dan pengobatan gratis di 3 Panti Asuhan dan Sosialisasi ini akan kami lakukan dibeberapa lembaga pendidikan dan juga Kodim 1404 Pinrang,” terangnya.(*/)

REAKSI ANDA?



Percakapan Facebook